PENERAPAN MEDIA KARTU KATA DENGAN TEKNIK TALKING STICK CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014

HIDAYATULLAH, BAIQ (2014) PENERAPAN MEDIA KARTU KATA DENGAN TEKNIK TALKING STICK CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SDN 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL BAIQ HIDAYATULLAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitiaan ini adalah belum maksimalnya tingkat keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 16 Mataram. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media kartu kata dengan teknik talking stick circle untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SDN 16 Mataram Salah satu alternatif yang digunakan dalam menangani masalah ini yaitu dengan menerapkan media kartu kata dengan teknik talking stick circle. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui penerapan media kartu kata dengan teknik talking stick circle siswa kelas IV SDN 16 Mataram tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitiaan yang digunakan adalah Penelitiaan Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data untuk hasil keterampilan berbicara siswa dikumpulkan melalui penilaian berbicara dengan menggunakan instrumen check list, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan klasikal minimal 85% dari keseluruhan siswa yang mendapatkan hasil ≥ 75, aktifitas siswa minimal berkategori aktif, dan aktifitas guru minimal berkategori baik. Berdasarkan hasil penelitian siklus I dan II menunjukkan bahwa skor aktifitas guru 91 dengan kategori baik meningkat menjadi 98 dengan kategori sangat baik. Skor aktifitas siswa adalah 81 dengan kategori aktif meningkat menjadi 90 dengan kategori aktif. Sedangkan rata-rata hasil keterampilan berbicara siswa adalah75 meningkat menjadi 86 dan persentase ketuntasan klasikal mengalami peningkatan dari 69% meningkat menjadi 93%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu kata dengan teknik talking stick circle dapat meningkatkan keteampilan berbicara siswa kelas IV SDN 16 Mataram Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Berbicara, Media Kartu Kata, Teknik Talking Stick Circle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2019 01:41
Last Modified: 25 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11929

Actions (login required)

View Item View Item