Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Bonjeruk Tahun Ajaran 2013/2014

HARPAN, HARPAN (2014) Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 1 Bonjeruk Tahun Ajaran 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL HARPAN.pdf

Download (995kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitiaan ini sesuai hasil observasi adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Bonjeruk. Penelitiaan ini bertujuaan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Bonjeruk pada mata pelajaran IPA dengan penerapan metode Everyone Is Teacher Here. Jenis penelitiaan yang digunakan adalah Penelitiaan Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi dan tahap refleksi. Cara pengumpulan data untuk hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tertulis yang diberikan pada setiap akhir siklus, sedangkan untuk aktivitas guru dan siswa diambil melalui lembar observasi. Berdasasarkan hasil penelitiaan diperoleh data peningkatan kualitas proses pelaksanaan pembelajaran yakni untuk aktivitas mengajar guru siklus I memperoleh skor 44 dengan katagori baik dan pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat dengan perolehan skor 56 katagori sangat baik. Demikiaan juga untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh skor 32 dengan katagori cukup aktif dan pada siklus II meningkat dengan memperoleh skor 44 katagori aktif. Untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata pada siklus I sebesar 62,96 dengan persentase ketuntasan klasikal 67,86% dan meningkat pada siklus II dengan nilai ratarata 71,21 dengan persentase ketuntasan klasikal 85,71%, Kesimpulan dari penelitiaan ini adalah penerapan metode Everyone Is Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Bonjeruk tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Everyone Is Teacher Here, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2019 01:41
Last Modified: 25 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11931

Actions (login required)

View Item View Item