Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SDN Nyurlembang Kecamatan Narmada Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013.

NOPIANTI, RINA (2014) Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Sifat-Sifat Operasi Hitung Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas V SDN Nyurlembang Kecamatan Narmada Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika masih rendah. Dikatakan demikian karena sebanyak 64% siswa belum mencapai nilai sesuai dengan KKM yaitu 70. Jadi, bagaimanakah penerapan metode pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pokok operasi hitung bilangan bulat siswa kelas V SDN Nyurlembang Kecamatan Narmada Semester I Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Nyurlembang yang berjumlah 25 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan evaluasi belajar. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika ≥ 80 % siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pada siklus I diperoleh rerata hasil belajar sebesar 67,2 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 62,5 %. Pada`siklus II, rerata hasil belajar meningkat menjadi 83,6 dengan ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 91,7%. Jadi dengan penerapan metode pemberian tugas, maka dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata plajaran Matematika materi pokok operasi hitung bilangan bulat siswa semester I kelas IV SDN Nyurlembang tahun pelajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Pemberian Tugas, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2019 01:41
Last Modified: 25 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11932

Actions (login required)

View Item View Item