PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 30 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

WIDYANINGSIH, EKA (2014) PENERAPAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 30 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL EKHA.docx

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di kelas V SDN 30 AMPENAN, ditemukan masalah pada mata pelajaran IPA yaitu proses pembelajaran didalam kelas di dominasi oleh penerapan metode ceramah dan pembelajaran seperti ini sangat membosankan bagi siswa. Pembelajaran seperti ini tidak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, dilaksanakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 30 Ampenan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus dilaksankan dalam 2 kali pertemuan. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian tes tertulis dalam bentuk essay dan acak kata (scramble) pada tiap akhir siklus dan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar dari berkategori aktif pada siklus I menjadi berkategori sangat aktif pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan siswa yang tuntas sebanyak 26 orang dengan ketuntasan klasikal 76,47%, dan pada siklus II dengan siswa yang tuntas sebanyak 30 orang dengan ketuntasan klasikal 88,23%. Dapat disimpulkan dengan diterapkannya metode scramble pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 30 Ampenan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ilmu Pengetahuan Alam, Metode Scramble, Aktivitas belajar, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2019 01:41
Last Modified: 25 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11933

Actions (login required)

View Item View Item