UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK BATANG SERAI (CymbopogoncitratusL.) UNTUK MENGENDALIKAN HAMA ULAT GERAYAK (SpodopteralituraFab.) PADA TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.)

Lalu Ahmad Faozi Ahadi, Lalu Ahmad Faozi Ahadi (2018) UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA KONSENTRASI EKSTRAK BATANG SERAI (CymbopogoncitratusL.) UNTUK MENGENDALIKAN HAMA ULAT GERAYAK (SpodopteralituraFab.) PADA TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL JURNAL 1ozy.pdf

Download (563kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas beberapa konsentrasi ekstrak batang serai (Cymbopogon citratus L.) yang berperan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama ulat gerayak (Spodoptera litura Fab.) pada tanaman pakcoy (Brassica rapa L.). Penelitian dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2018 di Rumah Plastik Desa Kilang, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap dengan 6 perlakuan dan 4 ulangan. Hasil penelitian menunjukkan persentase mortalitas tertinggi terdapat pada konsentrasi 20% dan 30% ekstrak batang dengan persentase mortalitas sebesar 81,25%, sedangkan kematian paling cepat didapatkan pada perlakuan konsentrasi 20% dan 30% ekstrak batang serai yaitu dengan kecepatan kematian mulai 3 jam setelah aplikasi. Kecepatan membunuh ulat yang efektif terdapat pada konsentrasi 30% ekstrak batang serai yaitu 11 ekor ulat dengan interval waktu kematian 3-15 jam setelah aplikasi. Intensitas serangan ulat gerayak paling rendah didapatkan pada perlakuan konsentrasi ekstrak batang serai 20% dan 30% dengan rata-rata persentase intensitas serangan ulat sebesar 17,57% dan 18,57%. Disarankan untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap pengaruh konsentrasi ekstrak batang serai untuk mendapatkan konsentrasi yang tepat untuk mengendalikan hama ulat gerayak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tanaman Pakcoy, Hama Ulat Gerayak, Pengendalian, Tanaman Serai.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 25 Jan 2019 01:41
Last Modified: 25 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11937

Actions (login required)

View Item View Item