UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK AKAR MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT DAUN (Plutella xylostella L.) PADA TANAMAN BROKOLI (Brassica oleracea L.)

Warsa, Junior Hutama (2018) UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK AKAR MENGKUDU (Morinda citrifolia L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT DAUN (Plutella xylostella L.) PADA TANAMAN BROKOLI (Brassica oleracea L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal artikel junior hutama warsa 2019.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pestisida nabati dari ekstrak akar mengkudu (Morinda citrifolia L.) terhadap mortalitas hama ulat daun (Plutella xylostella L.) pada tanaman brokoli (Brassica oleracea L.). Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2018 di Laboratorium Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan melakukan percobaan secara langsung di laboratorium dan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan 25 unit percobaan. Diperoleh hasil rata-rata kematian tertinggi yang diakibatkan oleh ekstrak akar mengkudu mencapai 92% pada konsentrasi 80%, sedangkan rata-rata terendah mencapai 4% pada kontrol (aquades). Kecepatan kematian tertinggi terdapat pada konsentrasi 60% dan 80% dengan interval waktu 12-72 jam, sedangkan kecepatan kematian terendah terdapat pada kontrol dan konsentrasi 20% dengan interval waktu 24 jam dan 36-72 jam. Semakin tinggi konsentrasi ekstrak akar mengkudu maka semakin berpengaruh terhadap mortalitas dan kecepatan kematian hama ulat daun (Plutella xylostella L.). Rekomendasi konsentrasi yang dianjurkan adalah konsentrasi 60% karena mortalitas dan kecepatan kematian sama (tidak signifikan) dengan konsentrasi 80%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Brokoli, Efektivitas, Mortalitas, Kecepatan kematian, Morinda citrifolia L., Plutella xylostella L.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 25 Jan 2019 01:41
Last Modified: 25 Jan 2019 01:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11938

Actions (login required)

View Item View Item