PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM ARANG SEKAM TERHADAP KARAKTER PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GENOTIP TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus L.)

Hattaya, Hulya (2018) PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM ARANG SEKAM TERHADAP KARAKTER PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA GENOTIP TANAMAN OKRA (Abelmoschus esculentus L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Tanaman okra (Abelmoschus esculentus L.) merupakan salah satu tanaman sayuran penting. Dalam pertumbuhannya, tanaman okra dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor lingkungan salah satunya media tanam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam arang sekam terhadap karakter pertumbuhan dan hasil beberapa genotip tanaman okra. Penelitian ini telah dilaksanakan di rumah kaca Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Percobaan disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial yang terdiri dari dua faktor yaitu komposisi media tanam dan genotip. Faktor komposisi media tanam terdiri dari 5 perlakuan dan 1 kontrol, sedangkan faktor genotip terdiri dari 3 perlakuan. Setiap kombinasi perlakuan diulang 3 kali sehingga terdapat 54 tanaman (unit percobaan). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis ragam (Analysis of Variance) pada taraf nyata 5%. Hasil yang signifikan diuji lanjut dengan metode Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi faktor komposisi media tanam dengan genotip serta faktor komposisi media tanam tidak berpengaruh nyata pada semua parameter pengamatan. Faktor genotip berpengaruh nyata pada tinggi tanaman umur 60 dan 90 hari setelah pindah tanam, umur berbunga, jumlah bunga, jumlah bunga jadi buah, jumlah buah layak konsumsi, dan panjang buah layak konsumsi. Genotip Dompu merupakan genotip yang paling cepat berbunga sedangkan genotip Merah merupakan genotip yang berproduksi paling tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): komposisi media tanam, tanaman okra
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 25 Jan 2019 08:06
Last Modified: 25 Jan 2019 08:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11945

Actions (login required)

View Item View Item