THE IMPLEMENTATION OF POLITENESS STRATEGY AMONG MAMBALAN PEOPLE’S ORDINARY CONVERSATIONS: A STUDY AT MAMBALAN VILLAGE WEST LOMBOK

SADRA, DENDA DINI (2018) THE IMPLEMENTATION OF POLITENESS STRATEGY AMONG MAMBALAN PEOPLE’S ORDINARY CONVERSATIONS: A STUDY AT MAMBALAN VILLAGE WEST LOMBOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)

Abstract

Tujuan dari skripsi berjudul “The Implementation of Politeness Strategy Among Mambalan People’s Ordinary Conversations: A Study at Mambalan Village West Lombok” adalah untuk menemukan strategy kesopanan yang digunakan oleh masyarakat Mambalan dalam interaksi mereka, strategi apa yang paling sering digunakan, dan faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaannya. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis data dalam skripsi ini. Data dikumpulkan dengan merekam percakapan masyarakat Mambalan sehari-hari. Hasil menunjukkan bahwa masyarakat Mambalan menggunakan empat strategi kesopanan ketika mereka berinteraksi, yaitu bald on record strategi, positif politeness strategy, negative politeness strategy, dan off record indirect politeness strategy. Strategy yang paling sering digunakan oleh masyrakat Mambalan adalah bald on record politeness strategy (54,82%), kemudian diikuti oleh positif politeness strategy (42,78), kemudian penggunaan negatif politeness strategy (0,60%), dan penggunaan off record indirect strategy (1,80%). Faktor- faktor yang mempengaruhi masyarakat Mambalan dalam menggunakan bald on record strategi sebagai strategi yang paling sering digunakan adalah kekuasaan, jenis kelamin, dan kedekatan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Strategi kesopanan, Percakapan sehari-hari, Masyarakat Mambalan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 26 Jan 2019 01:01
Last Modified: 06 Feb 2019 05:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item