PENGARUH PEMBERIAN PUPUK CAIR BIO-EXTRIMDAN PUPUK ORGANIK BIO-SLURRY PADAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) THE INFLUENCE OF APPLICATION OF BIO-EXTRIM LIQUID FERTILIZER AND SOLID BIO-SLURRY ORGANIC FERTILIZER TOWARD GROWTH AND YIELD OF LETTUCE (Lactuca sativa L.)

Utari, Erny Yustina (2018) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK CAIR BIO-EXTRIMDAN PUPUK ORGANIK BIO-SLURRY PADAT TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.) THE INFLUENCE OF APPLICATION OF BIO-EXTRIM LIQUID FERTILIZER AND SOLID BIO-SLURRY ORGANIC FERTILIZER TOWARD GROWTH AND YIELD OF LETTUCE (Lactuca sativa L.). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk cair Bio- Extrim dan pupuk organik Bio-Slurry padat serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada (Lactuca sativa L.). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei hingga Juli 2018 di Dusun Karangmas, Desa Batu Kumbung, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak kelompok dengan pola faktorial yang terdiri atas 2 faktor yaitu faktor pertama dosis pupuk cair Bio-Extrim dengan 3 aras yaitu 1, 2 dan 3 liter/ha. Faktor kedua yaitu dosis pupuk Bio-Slurry dengan 3 aras yaitu 5, 10 dan 15 ton/ha, sehingga didapatkan 9 kombinasi perlakuan. Masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Data hasil percobaan dianalisis menggunakan Analysis of Variant (Anova) pada taraf nyata 5%. Jika ada beda nyata diuji lanjut dengan Beda Nyata Jujur pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk cair Bio-Extrim dengan dosis 1, 2 dan 3 liter/ha dan pemberian pupuk organik Bio-Slurry padat dengan dosis 5, 10 dan 15 ton/ha serta interaksi berbagai dosis tersebut tidak berbeda nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, warna daun, indeks luas daun dan bobot basah tanaman. Disimpulkan bahwa pemberian berbagai dosis pupuk cair Bio-Extrim dan berbagai dosis pupuk organik Bio-Slurry padat serta interaksinya tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman selada.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Selada (Lactuca sativa L.), Bio-Extrim, Bio-Slurry
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 25 Jan 2019 08:08
Last Modified: 25 Jan 2019 08:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11952

Actions (login required)

View Item View Item