FORMULASI GEL HAND SANITIZER MINYAK ATSIRI DAUN SEREH WANGI (Cymbopogon nardus L.) DENGAN CARBOPOL 940 SEBAGAI GELLING AGENT

NOVIANA, FITRIANI (2018) FORMULASI GEL HAND SANITIZER MINYAK ATSIRI DAUN SEREH WANGI (Cymbopogon nardus L.) DENGAN CARBOPOL 940 SEBAGAI GELLING AGENT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
4. NASKAH SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu bentuk penyebaran mikroorganisme adalah melalui tangan. Tangan adalah media perpindahan mikroorganisme pada saluran pernapasan dan mulut yang utama. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme pada tangan adalah diare. Menurut data World Health Organization (WHO) pada tahun 2013, setiap tahunnya ada sekitar 1,7 miliar kasus diare dengan angka kematian 760.000 anak dibawah 5 tahun. Diare akan menyebabkan kehilangan nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh, sehingga diare merupakan penyebab utama malnutrisi pada anak dan menjadi penyebab kematian kedua pada anak berusia dibawah 5 tahun (Riset Kesehatan, 2007). Penyebab diare salah satunya adalah bakteri yaitu Eschericia coli yang akan berpotensi menjadi patogen. Bakteri dalam jumlah melebihi batas dapat disebabkan oleh berbagai cara, salah satunya adalah kurangnya kebiasaan mencuci tangan. Kurangnya kebiasaan mencuci tangan disebabkan karena keterbatasan kebutuhan air dan sabun sehingga orang malas untuk mencuci tangan. Sehingga dibuat sediaan yang digunakan sebagai antiseptik hand sanitizer untuk mencuci tangan tanpa menggunakan air dan sabun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kedokteran, farmasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 26 Jan 2019 01:00
Last Modified: 26 Jan 2019 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11954

Actions (login required)

View Item View Item