Aktivitas Antibiofilm Getah Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) pada Staphylococcus aureus ATCC 25923

Utami, Rosmalinda (2018) Aktivitas Antibiofilm Getah Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) pada Staphylococcus aureus ATCC 25923. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Aktivitas Antibiofilm Getah Jarak Pagar (Jatropha curcas L.) pada Staphylococcus aureus ATCC 25923 - Rosmalinda Utami-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)

Abstract

Infeksi nosokomial di seluruh dunia menunjukkan angka yang tinggi. Salah satu penyebab infeksi nosokomial adalah bakteri Staphylococcus aureus. S aureus sebagai patogen penginfeksi diketahui dapat membentuk biofilm yang sering menyebabkan kegagalan terapi antibiotik. Jarak pagar merupakan salah satu tanaman yang digunakan masyarakat dalam mengobati berbagai penyakit, diantaranya digunakan dalam pengobatan infeksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibiofilm getah jarak pagar pada S. aureus menggunakan metode mikrodilusi dengan pewarnaan kristal violet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak getah jarak pagar memiliki aktivitas antibiofilm, dengan persen penghambatan biofilm sebesar 150% pada konsentrasi 0.625 mg/mL, sedangkan persen degradasi sebesar 189% pada konsentrasi 5 mg/mL. Ekstrak getah jarak pagar memiliki aktivitas penghambatan biofilm pada konsentrasi ekstrak 0.625 mg/mL dan degradasi biofilm pada konsentrasi ekstrak 5 mg/mL.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): : getah; Jatropha curcas L.; antibakteri; antibiofilm.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 26 Jan 2019 01:00
Last Modified: 06 Feb 2019 05:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11955

Actions (login required)

View Item View Item