PENGARUH PENERAPAN METODE XWORD (EKSPERIMEN DENGAN BANTUAN MEDIA LKS WORD SQUARE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 1 MENINTING TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NURBUNGA, SITI (2014) PENGARUH PENERAPAN METODE XWORD (EKSPERIMEN DENGAN BANTUAN MEDIA LKS WORD SQUARE) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN 1 MENINTING TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah melihat adakah pengaruh penerapan metode XWORD terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 1 Meninting tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik random sampling, dengan kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t pihak kanan dengan rumus uji-t polled varians. Diperoleh thitung 1,06 dan ttabel 1,678 pada dk 46 dan taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih kecil dari ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa penerapan metode XWORD (Eksperimen dengan bantuan media LKS Word Square) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa SDN 1 Meninting tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode XWORD (Eksperimen & media LKS Word square), hasil belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2019 00:51
Last Modified: 06 Feb 2019 05:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11965

Actions (login required)

View Item View Item