PENGGUNAAN ALAT PERAGA BATANG CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN ASLI SISWA KELAS II SDN 3 KARANG BONGKOT TAHUN AJARAN 2013/2014

KURNIASIH, SANTI (2014) PENGGUNAAN ALAT PERAGA BATANG CUISENAIRE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN BILANGAN ASLI SISWA KELAS II SDN 3 KARANG BONGKOT TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL NIA .docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di kelas II Sekolah Dasar Negeri 3 Karang Bongkot, khususunya untuk mata pelajaran Matematika, ditemukan beberapa permasalahan diantaranya aktivitas siswa selama proses belajar siswa kurang aktif dan kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, kurangnya perhatian siswa pada saat proses pembelajaran dan laporan rendahnya hasil belajar siswa.Atas dasar itulah dilakukan alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan cara Penggunaan Alat Peraga Batang Cuisenaire UntukMeningkatkan Hasil Belajar MatematikaMateri Perkalian Bilangan Asli Siswa Kelas II SDN 3 Karang BongkotTahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Indikator ketercapaian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah aktivitas belajar siswa dikatakan meningkat apabila kriteria aktivitas siswa minimal berkategori aktif dan hasil belajar siswa dikatakan meningkat apabila nilai siswa telah tercapai ketuntasan klasikal yaitu 85% siswa mencapai nilai minimal 65. Analisis hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian tes evaluasi hasil belajar siswa pada tiap akhir siklus dan aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar dari be rkategori aktif pada siklus I, menjadi berkategori sangat aktif pada siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus 1 dengan siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dengan ketuntasan klasikal 80,95%dan pada siklus II dengan siswa yang tuntas sebanyak 19 orang dengan ketuntasan klasikal 90,47 %. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga batang Cuisenairedapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi perkalian bilangan asli siswa kelas II SDN 3 Karang Bongkot Tahun Ajaran 2013/1014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat Peraga Batang Cuisenaire dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2019 00:51
Last Modified: 06 Feb 2019 05:43
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11966

Actions (login required)

View Item View Item