ARIANI, IDA AYU DEVI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN GUGUS III KECAMATAN SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Jurnal Ida Ayu Devi Ariani. E1E214040.pdf Restricted to Repository staff only Download (994kB) |
Abstract
Abstract. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus III Kecamatan Sandubaya Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Quasi Experimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Gugus III Kecamatan Sandubaya yang berjumlah 229 orang dengan teknik pengambilan sampel, yakni Sampling Purposive, ada dua kelas yang menjadi sampel penelitian, yakni kelas V.A SDN 8 Cakranegara dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 44 Cakranegara dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen akan diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Teknik analisis data menggunakan uji t t-test Separated Varians karena kedua sampel memiliki jumlah siswa yang sama, yakni 21 orang. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis didapatkan bahwa thitung (2,9783) lebih besar dari ttabel (1,684) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan taraf signifikasi 0,05 diperoleh bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus III Kecamatan Sandubaya Tahun Pelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Contextual Teaching and Learning, hasil belajar IPS |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 26 Jan 2019 03:28 |
Last Modified: | 06 Feb 2019 05:51 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11979 |
Actions (login required)
View Item |