PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS XI IPA DAN XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH MATARAM

Irfandi, Muhammad (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS XI IPA DAN XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah kemampuan menulis puisi siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah Mataram; (2) bagaimanakah kemampuan menulis puisi siswa kelas XI IPA di SMA Muhammadiyah Mataram; (3) bagaimanakah perbedaan kemampuan menulis puisi siswa kelas XI IPA dan XI IPS di SMA Muhammadiyah Mataram. Pendekatan penelitian ini terbagi atas dua bagian, yaitu pendekatan secara teoritis (1) menggunakan teori struktur fisik puisi, dan pendekatan secara metodologis; (2) menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswa dengan nilai bahasa indonesia yang masuk dalam 10 tertinggi pada tiap kelas yang dipilih dengan metode purposive sampling, 5 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Total sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (hasil menulis puisi). Penelitian ini membutuhkan instrumen pendukung dalam pelaksanaannya, yakni lembar kerja siswa berupa tes esai menulis puisi dan tabel analisis struktur fisik puis. Teknik analisis data pada penelitian ini dibagi dalam tiga tahap, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penggunaan diksi kelas XI IPA lebih banyak menggunakan penggambaran kejadian alam dan istilah-istilah ilmu alam, imaji auditif menggunakan penggambaran berkonotasi negatif, imaji visual menggunakan penggambaran yang berlokasi di perkotaan, imaji taktil menggambarkan keadaan pasca gempa, kata konkret menggunakan gaya bahasa metafora, menggunakan majas anafora, retoris, mesodiploasis, paradoks, personifikasi, simile, dan hiperbola, dan menggunakan rima dengan aspek persamaan akhir dan pengulangan kata; (2) penggunaan diksi kelas XI IPS menggunakan penggambaran kegiatan dan prilaku manuisa dan istilah dalam ilmu sosial atau hukum, imaji auditif menggunakan penggambaran yang berkonotasi positif, imaji visual menggunakan penggambaran yang berlokasi di alam atau pinggir pantai, imaji taktil menggambarkan keadaan saat terjadi gempa, kata konkret menggunakan gaya bahasa paradoks, menggunakan majas anafora, personifikasi, simile, dan hiperbola, dan menggunakan rima dengan aspek persamaan akhir dan pengulangan kata; (3) terdapat perbedaan pada semua aspek yang dianalisis kecuali pada aspek rima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan, Sastra, Kemampuan menulis puisi, Struktur Fisik Puisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Jan 2019 03:28
Last Modified: 06 Feb 2019 05:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11980

Actions (login required)

View Item View Item