AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN UJI ORGANOLEPTIK KEJU MOZZARELLA DENGAN KOMBINASI RENNET DAN SARI BUAH BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L)

RA, ALAMSYAH (2018) AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DAN UJI ORGANOLEPTIK KEJU MOZZARELLA DENGAN KOMBINASI RENNET DAN SARI BUAH BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi L). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Jurnal Ilmiah Alamsyah Putra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antioksidan dan uji organoleptik keju mozzarella dengan penambahan sari buah belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L). Bahan yang digunakan adalah susu kerbau yang diperoleh dari Sumbawa Barat dan koagulan yang digunakan yaitu enzim rennet (Mucor miehei), asam sitrat dan sari buah belimbing wuluh. Penelitian dirancang menggunakan rancangan acak lengkap dengan 4 perlakuan dan 3 ulangan yaitu dengan konsentrasi 0%, 5%, 7% dan 9%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan sari buah belimbing wuluh tidak memberikan pengaruh (P>0.05) terhadap aktivitas antioksidan dan uji organoleptik keju mozzarella. Penambahan sari buah belimbing wuluh berpengaruh terhadap aroma (P<0.05) keju, akan tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0.05) terhadap variabel organoleptik lain seperti warna, rasa, tekstur dan penerimaan keseluruhan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas antioksidan, belimbing wuluh, keju mozzarella, uji organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Jan 2019 05:26
Last Modified: 06 Feb 2019 05:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/11995

Actions (login required)

View Item View Item