TEXTUAL REPRESENTATION OF IDENTITY IN CLASSROOM DISCOURSE: A SOCIO-COGNITIVE PERSPECTIVE

Munandar, La Ode Alfin Haris (2018) TEXTUAL REPRESENTATION OF IDENTITY IN CLASSROOM DISCOURSE: A SOCIO-COGNITIVE PERSPECTIVE. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis identitas yang tercermin melalui penggunaan bahasa dalam kelas dimana bahasa lisan diekstualisasikan dan dianalisis yang ditujukan untuk mengetahui kata-kata frasa, atau kalimat yang berfungsi untuk mewakili identitas tertentu, frekuensi kemunculan identitas, dan implikasinya terhadap gaya manajemen kelas yang efektif. Identitas dalam penelitian ini dikategorikan menjadi identitas personal, relasional, kolektif, dan material. Selain itu, dalam menganalisis bahasa yang digunakan untuk mencerminkan identitas, penelitian ini menggunakan temuan Bloome, et. Al. (2005) di mana mereka telah menemukan bahwa untuk menyiratkan identitas mereka, para siswa menggunakan berbagai cara linguistik seperti struktur konjungsi, figur otoritatif, item leksikal tertentu seperti nama, complementary pairs, tempat, dan barang berharga. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif-kualitatif. Sampel penelitian ini dipilih secara sengaja dari mahasiswa S1 Universitas Mataram tahun akademik 2016/2017. Empat kelas dipilih sebagai sampel. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui empat proses yaitu observasi, catatan, transkripsi, dan reduksi data. Berdasarkan analisis temuan, keempat kategori identitas telah ditemukan dengan 24% (22 representasi dimana 16 representasi muncul pada kalimat guru dan 6 pada kalimat siswa) untuk identitas pribadi, 48% (44 representasi dimana 31 representasi muncul pada kalimat guru dan 13 pada kalimat siswa) untuk identitas relasional, 27% (25 representasi dimana 5 representasi muncul pada kalimat guru dan 20 pada kalimat siswa) untuk identitas kolektif, dan 1% (1 representasi dimana 0 representasi muncul pada kalimat guru dan 1 pada kalimat siswa) untuk identitas materi. Frekuensi kejadian didominasi oleh identitas relasional dan identitas kolektif di tempat kedua. Ini mungkin disebabkan oleh orientasi nilai budaya di mana sampel berasal dari masyarakat kolektivistik. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa identitas tidak hanya ditunjukkan melalui apa yang telah ditemukan oleh Bloome et. al, tetapi juga melalui penggunaan salam,

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Identitas, jenis identitas, Gaya Manajemen Kelas yang Efektif, Wacana ruang kelas, perspektif sosial-kognitif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Feb 2019 05:54
Last Modified: 06 Feb 2019 05:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12000

Actions (login required)

View Item View Item