UJI EFEKTIVITAS ANALGESIK DAN SKRINING FITOKIMIA EKSTRAK AIR BUNGA WIDURI (Calotropis gigantea L.) PADA MENCIT SWISS WEBSTER

BAHIJI, SOBIBATUL (2018) UJI EFEKTIVITAS ANALGESIK DAN SKRINING FITOKIMIA EKSTRAK AIR BUNGA WIDURI (Calotropis gigantea L.) PADA MENCIT SWISS WEBSTER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
3. NASKAH LAPORAN AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan analgesik konvensional untuk penatalaksanaan nyeri memiliki keterbatasan terkait efek samping, efektivitas, dan ketergantungan yang sering ditimbulkan. Widuri (Calotropis gigantea L.) telah digunakan secara tradisional untuk mengatasi nyeri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan efektivitas analgesik ekstrak air bunga widuri secara in vivo dengan metode induksi asam asetat dan plat panas. Mencit dibagi menjadi 5 kelompok secara acak meliputi kontrol negatif CMC-Na 0,5 %, kontrol positif Ibuprofen 52 mg/kg BB dan Tramadol 6,5 mg/kg BB, serta sediaan uji ekstrak dengan tiga variasi dosis (250, 500, dan 1000 mg/kg BB) secara oral. Persentase inhibisi ditentukan melalui pengukuran waktu loncatan mencit. Daya analgesik dinyatakan dalam persen proteksi. Data dianalisis dengan uji ANOVA satu arah diikuti uji lanjut menggunakan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan ekstrak air bunga widuri dosis 500 mg/kgBB dan 1000 mg/kgBB efektif sebagai analgesik perifer sebanding dengan Ibuprofen 52 mg/kgBB, sedangkan seluruh ektrak dosis tidak menimbulkan efek analgesik sentral yang sebanding dengan Tramadol 6,5 mg/kgBB. Golongan senyawa utama yang terkandung dalam ekstrak air bunga widuri meliputi alkaloid, flavonoid, fenolat, dan saponin.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): analgesik, widuri, asam asetat, plat panas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Feb 2019 05:44
Last Modified: 06 Feb 2019 05:44
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12011

Actions (login required)

View Item View Item