ASPEK PENDIDIKAN DALAM NOVEL "SEBAB CINTA TAK HARUS BERKATA” KARYA AKHI DIRMAN AL-AMIN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Royani, Ita (2018) ASPEK PENDIDIKAN DALAM NOVEL "SEBAB CINTA TAK HARUS BERKATA” KARYA AKHI DIRMAN AL-AMIN DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ita royani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Aspek pendidikan apa saja yang terkandung dalam novel Sebab Cinta Tak Harus Berkata karya Akhi Dirman Al-amin; (2) Bagaimana hubungan antara aspek pendidikan yang terkandung dalam novel Sebab Cinta Tak Harus Berkata karya Akhi Dirman Al-amin dengan pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil analisis dalam penelitian ini adalah (1) mengembangkan pengindraan. “meman- dangnya dengan tatapan penuh iba” kutipan tersebut dapat mengembangkan indra penglihatan anak. Selain indra penglihatan, ada pula indra pendengaran, penciuman, pengecap, dan peraba. Kutipan-kutipan yang mengandung kelima indra tersebut dapat melatih imajinasi atau daya pikir peserta didik; (2) mengembangkan kecerdasan. “Hidup tak selamanya adalah rumpun mawar atau nyanyian burung-burung”, kutipan tersebut dapat mengembangkan kecerdasan peserta didik. Kutipan-kutipan novel yang termasuk pengembangan kecerdasan dapat melatih fungsi otak dalam mengembangkan kecerdasan berpikir siswa; (3) mengembangkan perasaan. “Ia menangis tersedu-sedu. Tangannya semakin gemetar menunjuk bintang itu”. Kutipan tersebut dapat mengembangkan perasaan siswa. Pengembangan perasaan ini meliputi: rasa marah, kasihan, simpati, rindu, dan sedih. Pengembangan perasaan melalui pembelajaran sastra dapat menumbuhkan kepekaan batin siswa terhadap suatu persoalan; (4) mengembangkan kesadaran religius. “Tiap malam dalam sholatku, kerap aku bersujud lama sekali atas segala nikmat-Nya”. Kutipan novel tersebut dapat menumbuhkan kesadaran religius apabila diterapkan dalam pembelajaran sastra. Kesadaran religius merupakan keterikatan manusia dengan Tuhan atau hubungan manusia dengan Tuhan dan (5) mengembangkan kesadaran sosial. “Hawa semakin erat memeluk perempuan itu”, kutipan tersebut menggambarkan kasih sayang seorang anak terhadap ibunya. Kesadaran sosial meliputi: rasa kasih sayang dan tolong menolong antar sesama. Aspek pendidikan yang terkandung dalam novel Sebab Cinta Tak Harus Berkata karya Akhi Dirman Al-amin sejalan atau sesuai dengan pembelajaran sastra di SMA karena dapat menunjang proses pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aspek Pendidikan, Novel, Pembelajaran Sastra.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Feb 2019 00:11
Last Modified: 01 Feb 2019 00:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12038

Actions (login required)

View Item View Item