PENGARUH AIR PERASAN DAN REBUSAN DAUN CALINCING (Oxalis corniculata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Streptococcus mutans

WINASTRI, NI LUH ARISA PRAHASTUTI (2018) PENGARUH AIR PERASAN DAN REBUSAN DAUN CALINCING (Oxalis corniculata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI Streptococcus mutans. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
4NaskahLaporanSkripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Karies gigi merupakan salah satu penyakit pada jaringan gigi yang dapat merusak struktur gigi. Karies gigi disebabkan oleh bakteri penghasil asam yang mampu melakukan fermentasi karbohidrat yang dikonsumsi oleh manusia. Salah satu bakteri penyebab karies gigi adalah bakteri Streptococcus mutans (Natarini, 2007). Bakteri S. mutans dapat menghasilkan asam yang dapat mempercepat terbentuknya plak melalui interaksi antara protein permukaan bakteri S. mutans dengan glukan, sehingga mengakibatkan penurunan pH pada permukaan gigi. Apabila pH pada permukaan gigi menurun, maka email gigi akan larut (demineralisasi) dan terjadinya karies gigi (Gani, 2009), karies gigi tersebut dapat menyebabkan gigi berlubang dan bau mulut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Streptococcus mutans,antibakteri,resistensiantibiotik, difusisumuran, saponin, flavonoid, tanin.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Feb 2019 00:10
Last Modified: 01 Feb 2019 00:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12043

Actions (login required)

View Item View Item