ANALISIS ROUTING PADA PROTOKOL ZRP MENGGUNAKAN METODE ENERGY AWARE DAN STATIC INTERSECTION NODE DI JARINGAN VANET STUDI KASUS PETA JALAN KOTA MATARAM

MARDIANTY, RIZMA DWI (2018) ANALISIS ROUTING PADA PROTOKOL ZRP MENGGUNAKAN METODE ENERGY AWARE DAN STATIC INTERSECTION NODE DI JARINGAN VANET STUDI KASUS PETA JALAN KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
LAPORAN -ANALISIS ROUTING PADA PROTOKOL ZRP MENGGUNAKAN METODE ENERGY AWARE DAN STATIC INTERSECTION NODE DI JARINGAN VANET STUDI KASUS PETA JALAN KOTA MATARAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

VANET adalah jaringan ad-hoc yang memungkinkan komunikasi Vehicle to Infrastructure, Vehicle to Vehicle, dan RSU to RSU. Performa jaringan bergantung pada tingkah laku protocol dalam menentukan rute antar node. Pada protokol ZRP, rute yang ditemukan bisa saja tidak reliable, karena node yang berpartisipasi dalam rute tersebut bisa saja mati akibat kehabisan energi ketika melakukan transmisi paket. Penelitian memodifikasi protokol ZRP dengan menerapkan metode Energy Aware yang digunakan untuk menghitung sisa energi node agar diketahui apakah node dapat bertahan dan berpartisipasi dalam menerima dan meneruskan paket ke tujuan atau tidak. Protokol hasil modifikasi diberi nama E-ZRP. Penelitian juga menggunakan Static Intersection Node sebagai RSU yang berfungsi sebagai router yang dapat meneruskan paket ke tujuan. Penelitian membandingkan kinerja protokol E-ZRP terhadap protokol ZRP, AOMDV, dan DSDV di VANET. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu E-ZRP dapat memperbaiki kinerja ZRP standar, dengan peningkatan throughput sebesar 6.63 kbps pada skenario 50 node dan 5.67 kbps pada skenario 100 node. Peningkatan packet delivery ratio sebesar 54.67% pada skenario 50 node dan 30.80% pada 100 node. Penurunan packet loss sebesar 62.98% pada skenario 50 node dan 30.92% pada skenario 100 node. Penurunan end to end delay sebesar 2.7723 s pada skenario 50 node dan 12.2421 s pada skenario 100 node. Pada skenario 50 node kinerja E-ZRP lebih baik dibandingkan AOMDV dan DSDV. Pada skenario 100 node AOMDV memberikan kinerja lebih baik. Penerapan static intersection node pada lingkungan simulasi memberikan hasil yang lebih baik pada protokol AOMDV dan DSDV, namun menurunkan kinerja pada protokol ZRP dan E-ZRP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): ZRP, E-ZRP, Energy Aware, Static Intersection Node, VANET, AOMDV, DSDV, NS-2.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Feb 2019 03:17
Last Modified: 04 Feb 2019 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12061

Actions (login required)

View Item View Item