ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA KANTOR BALAI LAYANAN INFORMASI, TEKNOLOGI, DAN EDUKASI (BALE ITE) PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1

MARDJUN, ARTIKAYUMI (2018) ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA KANTOR BALAI LAYANAN INFORMASI, TEKNOLOGI, DAN EDUKASI (BALE ITE) PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 4.1. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR ARTIKAYUMI MARDJUN (F1D 012 007).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kondisi tata kelola teknologi informasi di kantor BALE ITE Provinsi NTB. Masalah utama yang ditemui adalah manajemen belum memahami arti pentingnya investasi pada bidang teknologi informasi, manajemen risiko yang belum dikelola dengan baik, dan kemampuan SDM yang masih kurang. Sehingga mengakibatkan kontrol teknologi menjadi lemah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kantor BALE ITE Provinsi NTB telah menerapkan tata kelola TI. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja COBIT 4.1 dan hanya terfokus pada 2 domain yaitu PO6 (komunikasi tujuan dan arah menejemen) dan AI7 (instalasi dan akreditasi sistem serta perubahannya). Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner, wawancara dan oberservasi secara langsung. Hasil pengolahan data akan digunakan untuk mencari kelemahan-kelemahan yang terdapat pada setiap domain. Temuan kelemahan atau masalah akan di bandingkan dengan kondisi ideal yang telah di tetapkan COBIT 4.1 pada setiap levelnya, sehingga dapat diketahui rekomendasi yang cocok untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): COBIT 4.1, Tata Kelola Teknologi Informasi, Tingkat Kematangan, Tujuan Bisnis, Tujuan TI, Proses TI.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 04 Feb 2019 03:24
Last Modified: 04 Feb 2019 03:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12064

Actions (login required)

View Item View Item