PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATION, & EVALUATE) DENGAN LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 2 MATARAM

HANAPI, HERI (2018) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATION, & EVALUATE) DENGAN LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 2 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (HERI HANAPI-E1Q014016).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 5E (engage, explore, explain, elaboration, & evaluate) dengan literasi sains terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 2 Mataram. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 2 Mataram tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling. Sampel terpilih yaitu siswa kelas XI MIA 7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data hasil belajar kognitif menggunakan tes uraian. Data perbedaan hasil belajar kognitif siswa dianalisis menggunakan uji t Independen. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif. Kelas eksperimen mengalami peningkatan hasil belajar lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model learning cycle 5E (engage, explore, explain, elaboration, & evaluate) dengan literasi sains terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 2 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Learning Cycle 5E, Literasi Sains, dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Feb 2019 03:10
Last Modified: 06 Feb 2019 03:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item