PENGARUH VARIASI PANJANG SERAT FIBERGLASS DAN FILLER TEMPURUNG KELAPA BERMATRIK PLASTIK HDPE TERHADAP UJI TARIK DAN BENDING PADA KOMPOSIT

DEWA, KLANA SAPUTRA (2018) PENGARUH VARIASI PANJANG SERAT FIBERGLASS DAN FILLER TEMPURUNG KELAPA BERMATRIK PLASTIK HDPE TERHADAP UJI TARIK DAN BENDING PADA KOMPOSIT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI F1C 111 036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Komposit merupakan sebuah material yang terbentuk akibat penggabungan beberapa material menjadi satu dan memiliki sifat mekanik yang baru untuk menghasilkan suatu bahan yang lebih kuat. Hal ini didorong oleh kebutuhan akan bahan yang dapat memenuhi karakteristik tertentu yang dikehendaki. Salah satu hasilnya adalah bahan komposit. Material komposit yang berpenguat serat merupakan salah satu material komposit yang diharapkan dalam dunia industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh panjang serat fiberglass dan filler tempurung kelapa terhadap kekuatan bending dan tarik komposit bermatrik plastik HDPE ( High Density Polyethylene ). Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen. Dalam pembuatan spesimen untuk pengujian bending dan tarik rancangan eksperimen yang digunakan adalah rancangan factorial (variasi untuk panjang serat yaitu tiga dengan masing- masing tiga kali pengulangan). Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis variansi satu arah (One ways anova). Pada pengujian tarik nilai kekuatan tarik komposit serat fiberglass tertinggi terdapat pada panjang serat 50 mm yaitu 54,63 Mpa dan nilai terendah pada panjang serat 10 mm yaitu 36,31 Mpa. Sama halnya dengan pengujian tarik, pada pengujian bending pun nilai kekuatan bending tertinggi terdapat pada panjang serat 50 mm yaitu sebesar 89,91 Mpa dan nilai terendah pada panjang serat 10 mm yaitu sebesar 67,95 Mpa .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): HDPE, Komposit Serat, Fiberglass, Kekuatan Tarik, Kekuatan Bending
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 07 Feb 2019 01:39
Last Modified: 07 Feb 2019 01:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12085

Actions (login required)

View Item View Item