PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sari, Ni Putu Ariesta Ananta (2018) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR ABSTRAK DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 16 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Ni Putu Ariesta Ananta Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Matematika adalah salah satu pelajaran yang sangat penting untuk dikuasai siswa. Namun pada kenyataannya kemampuan siswa SMP masih rendah, hal ini dapat dilihat seperti saat pembelajaran matematika hanya ada beberapa siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik. Diketahui bahwa matematika berkaitan erat dengan konsep-konsep abstrak, sehingga kemampuan abstrak penting dimiliki siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan berpikir abstrak dengan prestasi belajar matematika (2) pengaruh kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika dan (3) pengaruh kemampuan berpikir abstrak dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 16 Mataram. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu kemampuan berpikir abstrak dan kebiasaan belajar sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika sebagai variabel terikat. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post-facto. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Jumlah populasi sekaligus sebagai sampel sebanyak 143 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana, regresi linier berganda dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir abstrak dengan prestasi belajar matematika siswa yaitu sebesar 0,636 dan nilai = 8,460 > = 1,960 (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa yaitu sebesar 0,636 dan dan nilai = 4,264 > = 1,960 (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir abstrak dan kebiasaan belajar dengan prestasi belajar matematika siswa dengan nilai > melalui uji signifikansi secara simultan (Uji F) yaitu 62,902 > 3,06 dan kontribusi sebesar 47,3% sedangkan sisanya 52,7% dipengaruhi oleh

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuan berpikir abstrak, kebiasaan belajar, prestasi belajar matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 07 Feb 2019 06:00
Last Modified: 07 Feb 2019 06:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12090

Actions (login required)

View Item View Item