PENGARUH NAUNGAN DAN PEMBERIAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN NILAM (Pogostemon cablin Benth)

Lengka, Wiranda (2018) PENGARUH NAUNGAN DAN PEMBERIAN PUPUK KANDANG TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN NILAM (Pogostemon cablin Benth). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
WIRANDA LENGKKA-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nilam merupakan salah satu jenis tanaman berupa perdu sebagai penghasil minyak atsiri (esential oils) yang bermanfaat dalam bidang industri kimia sebagai bahan baku produk wewangian dan dalam bidang farmasi. Tanaman nilam merupakan tanam perdu dengan tinggi satu meter, banyak dimanfaatkan sebagai tanaman bawah tegakan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. KPH Rinjani Barat memanfaatkan lahan dibawah tegakan hutan (PLDT) dengan jenis tanaman nilam yang demikian dimanfaatkan oleh pesanggem untuk menambah penghasilan dari petani hutan. Nilam tersendiri akan tumbuh dengan baik apabila terdapat naungan diatasnya serta memiliki tunjangan unsur hara yang cukup untuk proses metabolisme agar supaya pertumbuhan nilam lebih optimal, dengan demikian pemanfaatan pupuk kandang yang dalam hal ini adalah pupuk kandang kambing berguna untuk menambah suplai unsur hara bagi tanaman nilam. Bertolak dari uraian tersebut maka penelitian tentang “Pengaruh Naungan dan Pemberian Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Tanaman Nilam (Pogostemon cablin Benth) perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penanaman dibawah naungan hutan dan pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman nilam. Penelitian ini dilakukan di kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm) senggigi KPH Rinjani Barat, Dusun Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT), yaitu perbedaan naungan dengan 4 aras sebagai petak utama dan pupuk kandang dengan 4 aras sebagai anak petak. Setiap kombinasi perlakuan diulang sebanyak tiga kali maka akan dihasilkan 48 unit tanaman nilam.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nilam merupakan salah satu jenis tanaman berupa perdu sebagai penghasil minyak atsiri (esential oils) yang bermanfaat dalam bidang industri kimia sebagai bahan baku produk wewangian dan dalam bidang farmasi. Tanaman nilam merupakan tanam perdu dengan tinggi satu meter, banyak dimanfaatkan sebagai tanaman bawah tegakan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. KPH Rinjani Barat memanfaatkan lahan dibawah tegakan hutan (PLDT) dengan jenis tanaman nilam yang demikian dimanfaatkan oleh pesanggem untuk menambah penghasilan dari petani hutan. Nilam tersendiri akan tumbuh dengan baik apabila terdapat naungan diatasnya serta memiliki tunjangan unsur hara yang cukup untuk proses metabolisme agar supaya pertumbuhan nilam lebih optimal, dengan demikian pemanfaatan pupuk kandang yang dalam hal ini adalah pupuk kandang kambing berguna untuk menambah suplai unsur hara bagi tanaman nilam. Bertolak dari uraian tersebut maka penelitian tentang “Pengaruh Naungan dan Pemberian Pupuk Kandang Terhadap Pertumbuhan Tanaman Nilam (Pogostemon cablin Benth) perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penanaman dibawah naungan hutan dan pemberian pupuk kandang terhadap pertumbuhan tanaman nilam. Penelitian ini dilakukan di kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm) senggigi KPH Rinjani Barat, Dusun Senggigi, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan menggunakan Rancangan Petak Terbagi (RPT), yaitu perbedaan naungan dengan 4 aras sebagai petak utama dan pupuk kandang dengan 4 aras sebagai anak petak. Setiap kombinasi perlakuan diulang sebanyak tiga kali maka akan dihasilkan 48 unit tanaman nilam.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:23
Last Modified: 11 Feb 2019 02:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12106

Actions (login required)

View Item View Item