PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMPN 2 LABUAPI TAHUN AJARAN 2018/2019

WAHYULANDARI, RIZA (2018) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN MATERI RELASI DAN FUNGSI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII C SMPN 2 LABUAPI TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIZA WAHYULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMPN 2 Labuapi pada pembelajaran materi relasi dan fungsi tahun ajaran 2018/2019 dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Adapun tahapan dalam penerapan pendekatan RME menggunakan PBL terdapat lima fase yaitu fase 1 memberikan orientasi permasalahan kepada siswa (konteks), fase 2 mengorganisasikan siswa untuk penyelidikan (matematisasi), fase 3 pelaksanaan investigasi (interaktif), fase 4 mengembangkan dan menyajikan hasil (produksi dan konstruksi), dan fase 5 menganalisis dan mengevaluasi proses penyelidikan (keterkaitan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan skor aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 12,33 dengan kategori aktif, sedangkan pada siklus II adalah 15,31 dengan kategori sangat aktif. Demikian juga pada peningkatan ketuntasan belajar siswa secara klasikal masing-masing siklus. Siklus I dengan ketuntasan klasikal 75,86% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan ketuntasan klasikal 93,10%. Dengan demikian, maka penelitian ini dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan pencapaian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran materi relasi dan fungsi secara optimal dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII C SMPN 2 Labuapi tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas belajar, hasil belajar, pendekatan RME, model PBL.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:22
Last Modified: 11 Feb 2019 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12111

Actions (login required)

View Item View Item