“PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN ELIPS DAN HIPERBOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MS-5 SMA NEGERI 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017”

TAMALA, BAIQ CHINTIA DEWI (2017) “PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN ELIPS DAN HIPERBOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MS-5 SMA NEGERI 1 NARMADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017”. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI_BAIQ CHINTIA DEWI TAMALA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MS-5 SMA Negeri 1 Narmada tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran elips dan hiperbola. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana pada tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode penemuan terbimbing. Adapun masing-masing siklus terdiri dari atas dua pertemuan. Data aktivitas belajar siswa diambil menggunakan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diambil menggunakan tes evaluasi yang diberikan pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa pada pertemuan pertama siklus I tergolong cukup sedangkan pertemuan kedua siklus I aktivitas siswa berkategori tinggi. Pada siklus II pertemuan pertama aktivitas siswa berkategori tinggi sedangkan pertemuan kedua siklus II sangat tinggi dengan skor aktivitas siswa berturut-turut adalah 10,34; 11,00; 13,01; 15,34. Dengan demikian, terdapat peningkatan aktivitas siswa. Dari analisis hasil evaluasi belajar siswa rata-rata hasil evaluasi pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 73,93 dan 82,85 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 64,28% dan 88,09%. Dengan melihat hasil yang diperoleh dari siklus I ke siklus II, baik dari segi aktivitas belajar siswa maupun dari hasil belajar siswa bahwa terjadi paningkatan. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan metode penemuan terbimbing pada pembelajaran elips dan hiperbola dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI MS-5 SMA Negeri 1 Narmada tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD), Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:03
Last Modified: 17 Jan 2018 07:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1212

Actions (login required)

View Item View Item