PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI KEDELAI PROGRAM UPSUS PESERTA DAN NON PESERTA DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Sari, Dini Nopita (2018) PERBANDINGAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN USAHATANI KEDELAI PROGRAM UPSUS PESERTA DAN NON PESERTA DI KECAMATAN PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
DINI NOPITA SARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Menurut data BPS tahun 2011, Indonesia memiliki penduduk sebesar 242,3 juta jiwa. Laju pertumbuhan penduduk setelah tahun 2025 rata-rata 1%, maka pada tahun 2050 penduduk Indonesia akan mencapai lebih dari 340 juta jiwa. Hal tersebut berpotensi menimbulkan krisis pangan, sehingga produksi pangan perlu ditingkatkan agar memenuhi kebutuhan tersebut (Badan Pusat Statistik, 2011). Pembangunan pertanian yang direncanakan di dalam strategi induk pembangunan pertanian memiliki empat karakteristik pertanian Indonesia yaitu diharapkan pertanian Indonesia dapat mandiri, maju, adil dan makmur. Untuk mencapai pertanian yang mandiri, maju, adil dan makmur tersebut pemerintah memiliki beberapa program salah satunya adalah program UPSUS PAJALE. Program UPSUS PAJALE merupakan gerakan upaya khUPSUS dalam peningkatan produksi tiga komoditas pangan utama yaitu, padi, jagung dan kedelai.Dengan adanya program tersebut diharapkan Indonesia dapat swasembada pangan pada tahun 2017. Kegiatan UPSUS PAJALE yang diberikan kepada petani dalam bentuk bantuan benih, pupuk, pembuatan jaringan irigasi, alat dan mesin pertanian (Departemen Pertanian RI, 2015). Dengan adanya program tersebut diharapkan produksi dan pendapatan kedelai di kecamatan Pujut dapat meningkat. Berdasarkan uraian diatas, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Perbandingan Produksi Dan Pendapatan Usahatani Kedelai Program UPSUS Peserta Dan Non Peserta di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah” Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk menganalisis perbandingan antara petani program UPSUS dan non gram UPSUS terhadap produksi dan pendapatan usahatani kedelai. (2) Untuk menganalisis kendala-kendala yang dihadapi petani dalam menjalankan program UPSUS kedelai tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian,usaha tani, kedelai
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:22
Last Modified: 11 Feb 2019 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12120

Actions (login required)

View Item View Item