KRITIK SOSIAL DALAM CERITA RAKYAT “PITOTO DAENG SITI HADIJAH” DI DESA TANJUNG LUAR KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR

JAYADI, HERLAN (2018) KRITIK SOSIAL DALAM CERITA RAKYAT “PITOTO DAENG SITI HADIJAH” DI DESA TANJUNG LUAR KECAMATAN KERUAK KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana kritik sosial yang terdapat dalam cerita rakyat Pitoto Daeng Siti Hadijah di Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruka Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kritik sosial dalam cerita rakyat Pitoto Daeng Siti Hadijah. Data dalam penelitian ini berupa kutipan-kutipan cerita rakyat yang mengandung unsur kritik sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, teknik rekaman, teknik pencatatan, teknik transkripsi dan teknik terjemahan. Pada metode analisis data digunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kritik sosial masalah moral meliputi: (a) tindakan bangsawan mengusir pendatang berkunjung ke daerahnya; (b) seorang bangsawan bernama Daeng Siti Hadijah mengusir pengemis meminta sumbangan; (c) seorang bangsawan membuang hajat sembarang tempat; (d) hilangnya budaya silaturrahmi. (2) kritik sosial masalah pendidikan yaitu perilaku Daeng Makasauq dan Daeng Nyeq Lang dalam menyelesaikan masalah dengan cara berkelahi. (3) kritik sosial masalah agama yaitu Daeng Nyeq Lang menggunakan guna-guna untuk mendapatkan hati seorang wanita. (4) kritik sosial masalah keluarga meliputi: (a) orangtua Daeng Nyeq Lang mengusir anaknya sendiri dari rumah; (b) Daeng Nyeq Lang ingin membunuh istrinya yang sedang mengandung; (c) Daeng Nyeq Lang yang meninggalkan istrinya yang sedang hamil di sebuah pulau tidak berpenghuni.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kritik sosial, cerita rakyat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:22
Last Modified: 11 Feb 2019 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12122

Actions (login required)

View Item View Item