KONTRIBUSI TANAMAN CABAI SEBAGAI TANAMAN SELA TERHADAP USAHA TANI TEMBAKAU (Studi Kasus Sistem Tumpangsari Tembakau dan Cabai di Desa Sugian Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur)

Zuhri, Saefudin (2018) KONTRIBUSI TANAMAN CABAI SEBAGAI TANAMAN SELA TERHADAP USAHA TANI TEMBAKAU (Studi Kasus Sistem Tumpangsari Tembakau dan Cabai di Desa Sugian Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Desa Sugian Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur merupakan sentra produksi cabai dan tembakau dengan sistem tumpangsari. Sistem tumpangsari cenderung lebih menguntungkan dibandingkan dengan sistem monokultur, baik secara ekonomi maupun teknis. Sistem tumpangsari dapat lebih menghemat biaya sarana produksi seperti pupuk dan beberapa pestisida, demikian juga dalam penggunaan tenaga kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pendapatan usahatani tanaman cabai sebagai tanaman sela pada tanaman tembakau Virginia; (2) Mengetahui kontribusi usahatani tanaman cabai sebagai tanaman sela pada tanaman tembakau virginia terhadap total pendapatan usahatani system tumpangsari; (3) Mengetahui kendala-kendala pada usahatani tumpangsari pada tanaman cabai sebagai tanaman sela pada tanaman tembakau virginia di Desa Sugian Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriktif dan tehnik yang digunakan adalah teknik survei. Unit analisis dalam penelitian ini adalah usahatani tumpangsari yang menanam tanaman cabai sebagai tanaman sela pada tanaman tembakau virginia. Daerah sampel penelitian ditentukan secara purposive sampling. Jumlah responden dalam penelitian ditentukan secara Quota Sampling sebanyak 30 responden dengan distribusi: 10 responden pada kelompok tani Dasan Baru II, 12 responden pada kelompok tani Selasari dan Kelompok Tani Ingin Maju II sebanyak 8 responden. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan sumber data terdiri dari data primer dan data skunder. Variabel dalam penelitian ini adalah luas lahan, produksi, biaya produksi, biaya tetap, harga produk, penerimaan, pendapatan dan kontribusi serta kendala-kendala dalam usahatani tumpangsari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kontribusi, Usahatani Tembakau dan Cabai, Tumpangsari
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:22
Last Modified: 11 Feb 2019 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12123

Actions (login required)

View Item View Item