DAYA DUKUNG DAN KEBERLANJUTAN PRODUKSI NILAM (Pogostemon cablin Benth) DI UNIT PRODUKSI NILAM PUSUK LESTARI BKPH RINJANI BARAT PELANGAN TASTURA

Putri, Annisa Yuliana (2018) DAYA DUKUNG DAN KEBERLANJUTAN PRODUKSI NILAM (Pogostemon cablin Benth) DI UNIT PRODUKSI NILAM PUSUK LESTARI BKPH RINJANI BARAT PELANGAN TASTURA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI REVISI A 4 NEW PART 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)

Abstract

Minyak atsiri merupakan komoditi yang memiliki potensi besar di Indonesia. Minyak atsiri adalah ekstrak alami dari jenis tumbuhan tertentu, baik dari daun, akar, batang, ranting, bunga, atau buah yang diperoleh dari hasil penyulingan.Dalam pembuatan wangi-wangian, minyak atsiri berfungsi sebagai zat pewangi, terutama minyak atsiri yang berasal dari bunga. Beberapa minyak atsiri dapat digunakan sebagai zat pengikat bau dalam parfum, misalnya minyak nilam, minyak akar wangi, dan minyak cendana, Di Indonesia terdapat sekitar 40 jenis tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri, namun yang telah dikembangkan sekitar 37 jenis. Dari berbagai jenis tanaman minyak atsiri tersebut, yang cukup terkenal di pasar dunia adalah nilam.Nilam (Pogestemon Cablin Benth) merupakan salah satu penghasil minyak atsiri yang penting, dan memiliki prospek ekonomi yang cukup cerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya dukung keberlanjutan produksi minyak atsiri di unit produksi nilam pusuk lestari, mengetahui potensi keberlanjutan pengolahan nilam dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung pengembangan komoditi nilam.Metode penelitian menggunakan metode deskriptif.Penentuan sampel menggunakan Snowball Sampling atas pertimbangan bahwa data jumlah petani tidak tersedia dan penetapan jumlah responden menggunakan Quota Sampling.Data yang dinalisis dalam penelitian ini yaitu daya dukung keberlanjutan produksi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pertanian, minyak atsiri,pewangi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 11 Feb 2019 02:22
Last Modified: 11 Feb 2019 02:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12128

Actions (login required)

View Item View Item