MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN ALAT BANTU MEDIA WAYANG KERTAS SISWA KELAS IV SDN 2 SENGGIGI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RIMAYANTI, SITI (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN ALAT BANTU MEDIA WAYANG KERTAS SISWA KELAS IV SDN 2 SENGGIGI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
SKRIPSI SITI RIMAYANTI (E1E 213 184).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar PKn yang rendah pada siswa kelas IV SDN 2 Senggigi, dimana rata-rata nilai padasiswa kelas IV hingga akhir semester II yaitu 6,50 masih kurang dari KKM yang telah ditentukan sekolah yaitu 70. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn mengguakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan alat bantu Media Wayang Kertas siswa kelas IV SDN 2 Senggigi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana indikator keberhasilan tercapai pada siklus II. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes dan lembar observasi. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes objektif, aktivitas guru dan aktivitas siswa diperoleh melalui lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor aktivitas guru sebesar 32 berada pada interval 25-35 jadi dikatagorikan cukup baik, sedangkan skor aktivitas siswa sebesar 33 berada pada interval 25-35 dikatagorikan cukup aktif. Hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 67,15 dengan ketuntasan klasikal 68,75%. Pada penelitian siklus II mengalami peningkatan skor aktivitas guru yaitu 54 berada pada interval 45-60 berkategori sangat baik, sedangkan skor aktivitas siswa adalah 45 berada pada interval 35-45 berkategori aktif. Hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 80,37 dengan ketuntasan klasikal 87,50%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan alat bantu Media Wayang Kertas dapat meingkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 2 Senggigi tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Arikunto, Suharsimi, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya. Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raagrafindo Persada. Aqib, Zainal, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya. Hamdani, M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia. Handayani, Ni Wayan Kiki, dkk. 2016. Penerapan Metode Berbicara Berbantu Media Wayang Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak KelompokA.ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/download/7792/ 5322, Diakses Tanggal 5 Juni 2017. Isjoni. 2014. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta. Nurkancana, Wayan, dkk. 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional. Siswanto, Wahyudi. dan Ariani, Dewi. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung: PT Refika Aditama. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:03
Last Modified: 17 Jan 2018 07:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item