HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PETANI PENGGUNA PESTISIDA DI DESA TEKO KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Fitri, Anggita Erniza (2018) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PETANI PENGGUNA PESTISIDA DI DESA TEKO KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Karya Tulis Ilmiah (Anggita Erniza Fitri (H1A015007))-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Pertumbuhan penduduk di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun, hal ini menyebabkan pemenuhan kebutuhan akan pangan meningkat. Upaya meningkatkan hasil tanam akan menyebabkan penggunaan pestisida yang tidak bisa dihindari. Penggunaan pestisida tidak hanya menimbulkan dampak positif bagi perekonomian, namun terdapat dampak negatif bagi manusia dan lingkungan. Untuk melindungi petani dari dampak pestisida maka diperlukan upaya penggunaan alat pelindung diri (APD) secara lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pemakaian alat pelindung diri pada petani pengguna pestisida di Desa Teko Kabupaten Lombok Timur. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain studi cross sectional. Pengambilan data menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling. Total sampel penelitian berjumlah 58 responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan uji Somers’d. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa usia responden lebih banyak berusia >35 tahun. Masa kerja tertinggi berada pada rentang 0-5 tahun. Pendidikan terbanyak adalah SMA. Tingkat pengetahuan responden dalam kategori cukup sebanyak 32 orang (55,2%). Sikap responden pada kategori baik sebanyak 30 orang (51,7%). Perilaku responden pada kategori kurang sebanyak 25 orang (43,1%). Tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dan perilaku pemakaian APD pada petani (p= 0,244). Tidak terdapat hubungan antara sikap dengan perilaku pemakaian APD pada petani (p= 0,86). Kesimpulan : Perilaku pemakaian alat pelindung diri (APD) pada petani pengguna pestisida di Desa Teko Kabupaten Lombok Timur tidak hanya dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap, namun dipengaruhi juga oleh faktor pendukung dan faktor pendorong baik yang berasal dari individu tersebut maupun dari lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pengetahuan, Sikap, Perilaku, APD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:40
Last Modified: 13 Feb 2019 06:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12143

Actions (login required)

View Item View Item