HUBUNGAN JENIS POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KECENDERUNGAN MENJADI PELAKU ATAU KORBAN BULLYING PADA SISWA SMA DI KOTA MATARAM

Handini, Yusika Saftari (2018) HUBUNGAN JENIS POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KECENDERUNGAN MENJADI PELAKU ATAU KORBAN BULLYING PADA SISWA SMA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH KARYA TULIS ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang : Penyimpangan perilaku pada remaja sering berbentuk bullying. Bullying adalah penindasan berulang-ulang yang dilakukan kepada seseorang yang lebih lemah. Salah satu yang mempengaruhi perilaku bullying adalah jenis pola asuh orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan jenis pola asuh orangtua terhadap perilaku bullying pada siswa SMA di kota Mataram Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional. Menggunakan teknik probability sampling dengan simpel random sampling. Pengumpulan data menggunakan Parenting Authority Questionaire (PAQ) dan Olweus Bully-Victim Questionaire (OBVQ). Hasil : Dari 60 responden, 46.7% terlibat dalam perilaku bullying, terbagi menjadi 57.2% sebagai korban, 21.4% sebagai pelaku dan 21.4% sebagai pelaku-korban. Sebanyak 88.4% responden mempersepsikan diri menerima pola asuh authoritative, 8.3% menerima pola asuh permisif dan 3.3% menerima pola asuh authoritarian. Sebagian besar responden yang menerima pola asuh authoritative tidak terlibat dalam perilaku bullying, responden yang menerima pola asuh permisif ditemukan seluruhnya menjadi pelaku bullying sedangkan responden yang menerima pola asuh authoritarian ditemukan ada yang menjadi korban dan pelaku- korban. Berdasarkan hasil analisis korelasi lambda didapatkan nilai p=0.010 dan r=0.214 menunjukkan adanya hubungan antara jenis pola asuh orangtua dengan perilaku bullying dengan tingkat keeraatan rendah. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara jenis pola asuh orangtua terhadap perilaku bullying pada siswa SMA di kota Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bullying, pola asuh orangtua, remaja, SMA
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:40
Last Modified: 13 Feb 2019 06:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12144

Actions (login required)

View Item View Item