KORELASI ANTARA EKSPRESI HER2 DAN PLEOMORFISME NUKLEAR PADA PENDERITA KARSINOMA PAYUDARA TIPE DUKTAL INVASIF DI PROVINSI NTB

Pramana, Ketut Angga Aditya Putra (2018) KORELASI ANTARA EKSPRESI HER2 DAN PLEOMORFISME NUKLEAR PADA PENDERITA KARSINOMA PAYUDARA TIPE DUKTAL INVASIF DI PROVINSI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
H1A015034-KETUT ANGGA ADITYA PUTRA PRAMANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Estimasi jumlah kasus karsinoma payudara di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menurut data Riskesdas tahun 2013 sebesar 479 kasus atau kedua terbanyak setelah kanker serviks. HER2 berperan dalam proses diferensiasi sel yang akan menentukan derajat histologis karsinoma payudara, salah satunya pleomorfisme nuklear. Profil HER2 sebagai faktor prediktif dan pleomorfisme nuklear sebagai faktor prognostik pada kasus karsinoma payudara di NTB belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara ekspresi HER2 dan pleomorfisme nuklear pada penderita karsinoma payudara tipe duktal invasif di NTB. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Ekspresi HER2 dikategorikan menjadi positif dan negatif berdasarkan kriteria Hercept score serta pleomorfisme nuklear diklasifikasikan menjadi skor 1, skor 2, dan skor 3 berdasarkan nukleus, ukuran, bentuk, keseragaman kromatin inti, dan nukleolus. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 sampel dan analisa data penelitian menggunakan uji korelasi lambda. Hasil: Sampel dengan pleomorfisme nuklear skor 1 sebanyak 21 sampel, skor 2 sebanyak 5 sampel, dan skor 3 sebanyak 14 sampel. Sampel dengan ekspresi HER2 positif sebanyak 17 sampel dan ekspresi HER2 negatif sebanyak 23 sampel. Hasil uji korelasi lambda menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara ekspresi HER2 dan pleomorfisme nuklear pada pasien karsinoma payudara tipe duktal invasif di provinsi NTB (p = 0,796). Kesimpulan: Tidak terdapat korelasi yang signifikan antara ekspresi HER2 dan pleomorfisme nuklear pada penderita karsinoma payudara tipe duktal invasif di provinsi NTB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ekspresi HER2, pleomorfisme nuklear, karsinoma payudara tipe duktal invasif, NTB
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:40
Last Modified: 13 Feb 2019 06:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12145

Actions (login required)

View Item View Item