KORELASI ANTARA EKSPRESI HER2 DAN UKURAN TUMOR PADA KARSINOMA PAYUDARA TIPE DUKTAL INVASIF DI NTB KORELASI ANTARA EKSPRESI HER2 DAN UKURAN TUMOR PADA KARSINOMA PAYUDARA TIPE DUKTAL INVASIF DI NTB KORELASI ANTARA EKSPRESI HER2 DAN UKURAN TUMOR PADA KARSINOMA PAYUDARA TIPE DUKTAL INVASIF DI NTB

Diarna, Ni Putu Della (2018) KORELASI ANTARA EKSPRESI HER2 DAN UKURAN TUMOR PADA KARSINOMA PAYUDARA TIPE DUKTAL INVASIF DI NTB KORELASI ANTARA EKSPRESI HER2 DAN UKURAN TUMOR PADA KARSINOMA PAYUDARA TIPE DUKTAL INVASIF DI NTB KORELASI ANTARA EKSPRESI HER2 DAN UKURAN TUMOR PADA KARSINOMA PAYUDARA TIPE DUKTAL INVASIF DI NTB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI-Korelasi Antara Ekspresi HER2 dan Ukuran Tumor pada Karsinoma Payudara Tipe Duktal Invasif di NTB.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Di Indonesia, karsinoma payudara merupakan jenis kanker terbanyak pada perempuan. Terdapat beberapa faktor prognostik maupun prediktif pada karsinoma payudara termasuk Human epidermal growth factor receptor 2 (HER2) dan ukuran tumor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara ekspresi HER2 dan ukuran tumor pada karsinoma payudara tipe duktal invasif di NTB. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analisis observasional-analitik retrospektif non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Ekspresi HER2 dikategorikan menjadi positif dan negatif berdasarkan kriteria Hercept score serta ukuran tumor diklasifikasikan menjadi ≤2 cm (T1), >2-≤5 cm (T2), dan >5 cm (T3) sesuai dengan staging TNM American Join Committe on Cancer (AJCC). Data ukuran tumor dan ekspresi HER2 sebanyak 40 sampel dianalisis korelasinya dengan uji koefisien kontingensi. Hasil: Tabulasi silang antara ekspresi HER2 dengan persentase ukuran tumor didapatkan grafik HER2 positif yang cenderung meningkat pada ukuran T1 ke T2 dan menetap dari T2 ke T3. Sebaliknya pada ekspresi HER2 negatif didapatkan grafik yang cenderung menurun. Namun, hasil uji korelasi menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara ekspresi HER2 dan ukuran tumor pada karsinoma payudara tipe duktal invasif di NTB (p= 0,757). Simpulan: Tidak terdapat korelasi signifikan antara ekspresi HER2 dan ukuran tumor pada karsinoma payudara tipe duktal invasif di NTB.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Ekspresi HER2, ukuran tumor, karsinoma payudara tipe duktal invasif, NTB
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 13 Feb 2019 06:40
Last Modified: 13 Feb 2019 06:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12146

Actions (login required)

View Item View Item