Respon Pertumbuhan dan Hasil Lima Varietas Bawang Merah Akibat Penggunaan Bioaktivator Jamur Trichoderma spp. dalam Bentuk Tablet dan Cair

Sudantha, I Made and Suwardji, Suwardji and Muliarta, I Gusti Putu and PRAMADYA, I MADE ANGGAYUDA and Jayadi, Irfan (2019) Respon Pertumbuhan dan Hasil Lima Varietas Bawang Merah Akibat Penggunaan Bioaktivator Jamur Trichoderma spp. dalam Bentuk Tablet dan Cair. In: SEMINAR NASIONAL SAINTEK 2018, 27 OKTOBER 2018, MATARAM.

[img]
Preview
Text
PROSIDING SEMINAR NASIONAL SAINTEK 2018-bawang merah.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lppm.unram.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui respon pertumbuhan dan hasil lima varietas bawang merah akibat aplikasi bioaktivator Trichoderma spp. dalam bentuk pada dan cair. Penelitian menggunakan metode eksperimental yang dilakukan di Desa Senteluk Kecamatan Batulayar Kabupaten Lombok Barat mulai bulan Mei sampai dengan Agustus 2018. Penelitian menggunakan Rancangan Petak Terbagi yang terdiri dari 2 faktor. Petak utama bioaktivator Trichoderma spp. yang terdiri dari 3 aras, yaitu tanpa bioaktivator, biaoaktivator tablet, dan bioaktivator cair. Anak petak adalah varietas bawang merah terdiri atas lima aras, yaitu: Bali Karet, Ampenan, Keta Monca, Super Philip dan Super Cros. Perlakuan merupakan kombinasi antara bioaktivator Trichoderma spp. dan varietas bawang merah yang diulang tiga kali sehingga terdapat 45 unit percobaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi bioaktivator Trichoderma spp. dalam bentuk tablet dan cair menyebabkan pertumbuhan dan hasil bawang merah varietas Bali Karet, Ampenan dan Keta Monca lebih baik dibandingkan dengan varietas varietas Super Philip dan Super Cros.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Keywords (Kata Kunci): bawang merah, bioaktivator, tablet, Trichoderma spp., varietas
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Prof.Dr. Ir. I Made Sudantha Sudantha
Date Deposited: 12 Feb 2019 07:45
Last Modified: 15 Mar 2019 00:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12162

Actions (login required)

View Item View Item