PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN EM-4 PADA KOTORAN SAPI DENGAN CAMPURAN SAMPAH ORGANIK TERHADAP VOLUME BIOGAS DARI PROSES ANAEROB

INAYAT, RAHMAT (2018) PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN EM-4 PADA KOTORAN SAPI DENGAN CAMPURAN SAMPAH ORGANIK TERHADAP VOLUME BIOGAS DARI PROSES ANAEROB. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Biogas terdiri dari gas methana (CH4) sebesar 49%, karbon dioksida (CO2) sebesar 45%, hidrogen (H2) sebesar 1-5%, oksigen (O2) sebesar 0,1-0,5%, hidrogen sulfida (H2S) sebesar 0-3%, dan impuritas lain (Fadli, 2013). Sisa dari fermentasi biogas juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk yang sangat bermanfaat bagi tanaman. Di sisi lainnya, pengolahannya dapat meningkatkan kebersihan lingkungan dan emisi gas rumah kaca, karena limbah pertanian dan kotoran ternak hewan yang selama ini dibuang pada tempat terbuka yang mengandung methana (CH4). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi penambahan EM – 4(Effective Microorganisme4) dalam substrat kotoran sapi yang di campurkan dengan sampah organik khususnya sampah sayur kubis (Brassica oleracea var. Capitata) terhadap produksi volume biogas yang dihasilkan oleh substrat dari proses anaerob dengan variasi penambahan 0%,5%,10%,15% dan 20% pada setiap percobaan. Dari hasil penelitian menunjukkan penambahan EM-4 dapat menurunkan nilai pH substrat dikarenakan EM-4 memiliki nilai pH yaitu 3,73. dan penggunaan isolator dari pasir pantai yang dibungkus dengan karung plastik dapat mempertahankan temperatur digester pada suhu kamar yaitu 27o C – 30o C. sehingga temperatur lingkungan tidak menghambat proses fermentasi anaerob digester. Volume terbesar dihasilkan pada variabel P3 penambahan EM-4 15% sebesar 0,705 liter. Sedangkan variabel TP tanpa penambahan EM-4 volume yang dihasilkan yaitu sebesar 0,124 liter. Akan tetapi, penambahan EM-4 yang terlalu banyak pada variabel P4 (penambahan EM-4 20%) justru menurunkan produksi biogas dengan volume terbesarnya yaitu 0,158 liter.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Biogas, Effective Microorganisme4, Volume Biogas, Tekanan Biogas, Laju pembentukan Biogas.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:19
Last Modified: 19 Feb 2019 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12182

Actions (login required)

View Item View Item