PENGARUH PEMBERIAN RAMUAN TRADISIONAL ANTIKOLESTEROL DARI KALIMANTAN TIMUR TERHADAP KADAR HIGH-DENSITY LIPOPROTEINS (HDL) DAN LOW-DENSITY LIPOPROTEINS (LDL) PADA TIKUS PUTIH DISLIPIDEMIA

Primantika, Luh Putu Sintya (2018) PENGARUH PEMBERIAN RAMUAN TRADISIONAL ANTIKOLESTEROL DARI KALIMANTAN TIMUR TERHADAP KADAR HIGH-DENSITY LIPOPROTEINS (HDL) DAN LOW-DENSITY LIPOPROTEINS (LDL) PADA TIKUS PUTIH DISLIPIDEMIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
KTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Dislipidemia adalah kelainan metabolism lipid yang ditandai dengan peningkatan maupun penurunan fraksi lipid dalam plasma darah. Ramuan tradisional antikolesterol dari Kalimantan Timur merupakan salah satu ramuan tradisional yang dipercaya dapat membantu mengatasi dislipidemia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian ramuan tradisional antikolesterol dari Kalimantan Timur terhadap kadar kolesterol HDL dan LDL plasma darah pada tikus dislipidemia. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain post test only control group. Hewan coba yang digunakan adalah tikus putih (Rattus norvegicus) jantan sebanyak 28 ekor dibagi menjadi 4, terdiri dari kelompok kontrol positif tanpa obat (kelompok I), kelompok kontrol positif dengan obat (kelompok II), kelompok perlakuan 1 (kelompok III) dan kelompok perlakuan 2 (kelompok IV). Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan uji One-Way ANOVA dan uji Kruskal-Wallis. Hasil: Tidak ditemukan perbedaan kadar HDL yang bermakna antar kelompok penelitian setelah dilakukan analisis komparatif dengan uji Kruskal-Wallis (p> 0,05). Namun, terdapat perbedaan kadar LDL yang bermakna antar kelompok penelitian setelah dilakukan analisis komparatif dengan uji One-Way ANOVA (p> 0,05). Terdapat perbedaan kadar LDL yang bermakna pada perbandingan kelompok K2 dengan K1, P1 dan P2 berdasarkan uji Post-Hoc LSD. Kesimpulan: Tidak terdapat pengaruh pemberian ramuan tradisional antikolesterol dari Kalimantan Timur terhadap kadar kolesterol HDL dan LDL plasma darah pada tikus dislipidemia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): dislipidemia, HDL, LDL, ramuan tradisional antikolesterol.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:19
Last Modified: 19 Feb 2019 02:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12186

Actions (login required)

View Item View Item