STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PANGAN OLAHAN BERBASIS BERAS DI KOTA MATARAM

Apriani, Ni Nengah Arista (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PANGAN OLAHAN BERBASIS BERAS DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI jilit FIX 07 SEPTEMBER.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Menganalisis struktur jenis dan tempat usaha pangan olahan berbasis beras di Kota Mataram, (2) Menganalisa isu-isu strategis dalam pengembangan usaha pangan olahan berbasis beras di Kota Mataram, dan (3) merumuskan konsep akademis strategi pengembangan usaha pangan olahan berbasis beras di Kota Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan unit analisis adalah usaha pangan olahan berbasis beras di Kota Mataram. Daerah penelitian ditentukan secara purposive sampling, yaitu: Kota Mataram. Penentuan responden dalam penelitian ini dilakukan dengan metode senus, yakni dengan meneliti seluruh pedagang usaha pangan olahan berbasis beras di Kota Mataram. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, dan sumber datanya adalah primer dan skunder. Hasil penelitian manunjukan bahwa: (1) Jenis produk dan pelaku pasar akhir usaha pangan olahan berbasis beras di Kota Mataram adalah: (a) Jenis jajanan dari hasil olahan beras antara lain naga sari, lapis beras, bikang, kue mangkok, putu mayang, serabi, arem-arem, cerorot, kue cucur, dan putu ayu. Dalam penelitian yang telah dilakukan, jenis jajanan yang dominan dijual antara lain naga sari, lapis beras, kue mangkok dan bikang. Harga jual jajanan tersebut cukup beragam, yakni mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 5.000 tergantung dari jenis kemasan yang digunakan; (b) Pelaku pasar akhir dalam penelitian ini meliputi produsen dan pengecer yang menjual produk atau jajanan dari hasil olahan beras di pasar tradisonal, swalayan, ataupun kaki lima yang ada di Kota Mataram. Pengecer yang dimaksud adalah pedagang perantara yang membeli jajanan dari produsen kemudian dijual lagi kepada konsumen. (2) Isu-isu strategis dalam pengembangan usaha pangan berbasis olahan beras di Kota Mataram yaitu: (a) Kekuatan, meluputi lokasi usaha, kapasitas produksi, harga terjangkau; jenis produk yang beragam; (b) Kelemahan, meliputi: daya tahan produk, kemasan yang kurang menarik, literasi keuangan, dan banyak yang belum memiliki izin usaha; (c) Peluang, meliputi: pangsa pasar masih luas, ketersediaan bahan baku, daya beli masyarakat, dan perkembangan teknologi informasi; (d) Ancaman, meliputi: produk mudah ditiru, cuaca (gangguan hujan), kesehatan dan ketahanan pangan, dan danya produk substitusi. (3) Strategi pengembangan yang dapat digunakan oleh produsen usaha pangan olahan berbasis beras agar usaha tersebut mampu bertahan dalam skala panjang dan membentuk keunggulan bersaing antara lain: melakukan ekspansi pasar, memperluas akses modal untuk menunjang kegiatan produksi, memperbaiki tampilan produk, meningkatkan dan menjaga kualitas produk. Startegi tersebut diharapkan mampu diterapkan oleh produsen untuk memanfaatkan peluang pasar yang ada seperti pangsa pasar yang masih luas dan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pasar Akhir, SWOT, Strategi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Feb 2019 02:18
Last Modified: 19 Feb 2019 02:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12195

Actions (login required)

View Item View Item