STUDI PENDAHULUAN TAHAP 2: UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK GURU SEKOLAH DASAR (SD) TERHADAP DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA MATARAM

Firazullah, Firazullah (2018) STUDI PENDAHULUAN TAHAP 2: UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK GURU SEKOLAH DASAR (SD) TERHADAP DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah KTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit infeksi tropis yang tergolong terabaikan di dunia dan beberapa dekade terakhir insidensinya meningkat lebih dari 30 kali lipat. Kelompok anak usia sekolah merupakan kelompok usia yang paling banyak terkena DBD. Oleh karena itu upaya pencegahan DBD pada guru dan siswa di sekolah penting dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki kuesioner dan melakukan uji validitas dan reliabilitas pada kuesioner tingkat pengetahuan, sikap dan praktik guru SD terkait DBD. Metode: Penelitian ini merupakan studi analitik dengan desain potong lintang yang melibatkan 120 guru Sekolah Dasar di Kota Mataram. Kuesioner penelitian merupakan kuesioner yang diadaptasi dari studi tahap 1. Kuesioner penelitian terdiri dari 5 bagian utama yaitu identitas responden, sumber informasi, pengetahuan, sikap dan praktik mengenai DBD. Validitas dinilai menggunakan korelasi item-total. Reliabilitas dinilai menggunakan Cronbach’s alpha. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar nilai korelasi item- total untuk mengukur validitas pengetahuan, sikap dan praktik > 0,149. Hasil tersebut menunjukkan bahwa validitas dalam kuesioner ini sudah cukup baik. Uji reliabilitas didapatkan nilai Cronhbach’s alpha pada bagian pengetahuan 0,684, bagian sikap 0,889 dan bagian praktik 0,720. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kuesioner sudah cukup reliabel. Kesimpulan: Perbaikan yang dilakukan pada kuesioner dalam penelitian ini sudah cukup baik. Kuesioner cukup valid dan reliabel untuk menilai pengetahuan, sikap dan praktik guru SD pada populasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): demam berdarah dengue, validitas, reliabilitas, kuesioner, pengetahuan, sikap, praktik
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:28
Last Modified: 20 Feb 2019 06:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12202

Actions (login required)

View Item View Item