PERBANDINGAN STATUS GIZI ANAK BALITA YANG DIBAWAH PENGASUHAN IBU KANDUNG DENGAN ANAK BALITA TKW DI KECAMATAN WANASABA LOMBOK TIMUR

Fuady, Tsanya (2018) PERBANDINGAN STATUS GIZI ANAK BALITA YANG DIBAWAH PENGASUHAN IBU KANDUNG DENGAN ANAK BALITA TKW DI KECAMATAN WANASABA LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER KARYA TULIS ILMIAH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB VI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (789kB)

Abstract

Latar belakang: Lombok Timur merupakan salah satu kabupaten pemasok TKI terbanyak di Indonesia. Setiap tahunnya jumlah tenaga kerja wanita (TKW) lebih banyak daripada TKI laki-laki dan sebagian besar berstatus telah menikah. Hal ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi masalah status gizi anak di Indonesia. Dimana banyak anak yang tidak diasuh oleh ibu kandungnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan status gizi anak di bawah pengasuhan ibu kandung dengan anak TKW di kecamatan Wanasaba kabupaten Lombok Timur. Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan studi potong lintang (cross sectional). Pengambilan data bertempat di Kecamatan Wanasaba Lombok Timur. Subjek penelitian berjumlah 76 anak balita, dengan rincian 38 anak balita di bawah pengasuhan ibu kandung dan 38 anak balita TKW. Status gizi ditentukan menggunakan Z-score dengan indeks BB/TB. Analisis data menggunakan uji komparatif Mann Whitney. Hasil: Anak balita di bawah pengasuhan ibu kandung memiliki status gizi normal(84,2%) dan gemuk (15,8%), sedangkan anak balita balita TKW memiliki status gizi sangat kurus (5,3%), kurus (5,3%), normal (84,2%) dan gemuk (5,3%). Berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji komparatif Mann Whitney didapatkan nilai p 0,022 (p<0,05). Simpulan: Perbandingan status gizi anak balita di bawah pengasuhan ibu kandung dengan anak balita TKW di kecamatan Wanasaba Lombok Timur adalah status gizi anak balita di bawah pengasuhan ibu kandung lebih baik dibandingkan status gizi anak balita TKW.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Anak Balita, Ibu Kandung, TKW, Status Gizi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Feb 2019 06:28
Last Modified: 20 Feb 2019 06:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12206

Actions (login required)

View Item View Item