PENGARUH PENAMBAHAN BUAH SUKUN (Artocarpusaltilis)PADA ABON DAGING AYAM TERHADAPpH, NILAIOKSIDASI (KETENGIKAN) DAN NILAI ORGANOLEPTIK SELAMA PENYIMPANAN

Oktaviana, Lina (2018) PENGARUH PENAMBAHAN BUAH SUKUN (Artocarpusaltilis)PADA ABON DAGING AYAM TERHADAPpH, NILAIOKSIDASI (KETENGIKAN) DAN NILAI ORGANOLEPTIK SELAMA PENYIMPANAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LINA OKTAVIANA B1D013137.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan buah sukun (Artocarpus altilis) terhadap nilai pH, nilai oksidasi dan nilai organoleptik (warna, aroma, tekstur, rasa dan penerimaan)abon daging ayam telah dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak (TPHT) Fakultas Peternakan Universitas Mataram dan Laboratorium Kimia Fakultas MIPA Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Mataram sejak Oktober sampai November 2018. Materi penelitian yang digunakan terdiri dari daging ayam sebanyak 3,5 kg, filler (Buah sukun) dan juga bumbu-bumbu. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari lima perlakuan yaitu penambahan buah sukun 0%, 25%, 50%, 75% dan 100% dn 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penambahan buah sukun (Artocarpus altilis) berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap pH dan nilai oksidasi. Penambahan buah sukun berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap warna, aroma, rasa dan penerimaan produk abon. Tetapi tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap tekstur produk abon.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Abon, Daging ayam, Buah sukun, pH, Nilai Oksidasi dan Organoleptik
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:42
Last Modified: 22 Feb 2019 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12227

Actions (login required)

View Item View Item