ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMK NEGERI 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Ainin, Fidyatul (2017) ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMK NEGERI 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, UPT. Perpustakaan.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Analisis Keterampilan Berbicara Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI SMK Negeri 5 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penelitian ini memiliki dua rumusan masalah yaitu: (1) bagaimanakah keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMK Negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2017/2018? dan (2) faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas XI SMK Negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterampilan berbicara yang dimiliki oleh siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas XI SMK negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 dan (2) mendeskripsiakan faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas XI SMK Negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah mengacu pada konsep Milles dan Huberman yaitu interactive model. Aktivitas dalam analisis meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) dalam kegiatan berbicara, sebagian siswa kurang terampil dalam menyusun kalimat yang efektif, menempatkan intonasi, tekanan, nada, dan jeda, memilih kata yang tepat, bervariasi, dan konkret, kurang terampil dalam menunjukan sikap tenang dan tidak kaku, mengarahkan pandangan dan mengolah mimik atau raut wajah dengan benar, mengolah pergerakan tangan, menguasai topik, sering terbata-bata, menyelipkan bunyi “ee, aa, em, apa itu”, dan siswa sering mengulang kata yang sama. (2) Faktor yang mempengaruhi keterampilan berbicara siswa meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari diri siswa, meliputi, faktor fisiologis, psikologis, dan intelektual. Sedangkan, faktor eksternal yaitu, faktor yang berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): keterampilan berbicara, pembelajaran bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 17 Jan 2018 07:00
Last Modified: 17 Jan 2018 07:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/1226

Actions (login required)

View Item View Item