PENGARUH PENAMBAHAN BUBUK KAYU MANIS (Cinnamomun burmanii) PADA SUSU KEDELAI TERHADAP KADAR GULA DARAH MENCIT DIABETES YANG DIINDUKSI ALOKSAN HALAMAN JUDUL

HANDAYANI, SUHARTINA (2018) PENGARUH PENAMBAHAN BUBUK KAYU MANIS (Cinnamomun burmanii) PADA SUSU KEDELAI TERHADAP KADAR GULA DARAH MENCIT DIABETES YANG DIINDUKSI ALOKSAN HALAMAN JUDUL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SUHARTINA HANDAYANI_J1A013133.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SUHARTINA HANDAYANI_J1A013133.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penambahan bubuk kayu manis pada susu kedelai terhadap aktivitas antioksidan, total fenol, kadar gula reduksi dan pengaplikasian pada hewan uji coba untuk menurunkan kadar gula darah mencit diabetes. Metode yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 6 perlakuan yakni penambahan kedelai 0%, 2%, 4%, 6%, 8% dan 10% dengan 3 kali ulangan. Hasil pengamatan dianalisis menggunakan Analysis of Variance (Anova) pada α = 5% menggunakan software Co-Stat dan SPSS 21 for windows dengan uji lanjut menggunakan metode ortogonal polinomial (MOP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan penambahan bubuk kayu manis memberikan pengaruh yang signifikan terhadap aktivitas antioksidan, total fenol dan penurunan kadar gula darah mencit yang diberi makan produk, namun memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap kadar gula reduksi pada susu kedelai. Penambahan 10% bubuk kayu manis merupakan perlakuan terbaik dengan karakteristik aktivitas antioksidan 73,37%; total fenol 76,77 ppm; kadar gula reduksi 0,26% dan mampu menurunkan kadar gula darah mencit sebesar 367 mg/dL.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): antioksidan, gula darah, Kayu Manis, Susu Kedelai.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Feb 2019 00:37
Last Modified: 26 Feb 2019 00:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12272

Actions (login required)

View Item View Item