EFISIENSI PENGGUNAAN AIR PADA JARINGAN IRIGASI TETES DI DAERAH LAHAN KERING DESA AKAR-AKAR, KECAMATAN BAYAN, KABUPATEN LOMBOK UTARA

HARDIANSYAH, HADI (2018) EFISIENSI PENGGUNAAN AIR PADA JARINGAN IRIGASI TETES DI DAERAH LAHAN KERING DESA AKAR-AKAR, KECAMATAN BAYAN, KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Desa Akar-Akar merupakan wilayah admidistrasi Kecamatan Bayan yang terletak di Kabupaten Lombok Utara yakni sekitar + 80 km ke arah utara dari kota Mataram. Kabupaten ini merupakan salah satu wilayah yang memiliki lahan kering cukup luas yang mencapai 38.000 ha. Desa ini merupakan daerah lahan kering yang mempunyai potensi dikembangkan menjadi lahan pertanian yang produktif untuk berbagai komoditas pertanian tanaman pangan dan hortikultura. Hal ini mengindikasikan perlunya efisiensi penggunaan air dengan sistem irigasi khusus seperti sistem irigasi tetes. Dari studi yang pernah ada sistem irigasi ini dapat mencapai efisiensi 95% dalam penyerapan air oleh tanaman dan sangat sesuai dengan keterbatasan air yang ada di wilayah Akar-Akar. Dalam penelitian ini dianalisis efisiensi penggunaan air pada jaringan irigasi tetes di Desa Akar-Akar. Tanaman yang di tanam yaitu tanaman sorgum, dengan luas lahan 4.03 are. Data yang dianalisis dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian dilapangan secara langsung dan dari hasil uji laboratorium. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh tingkat keseragaman tiap lateral mencapai nilai rata-rata diatas 80% dalam durasi 45 menit. Debit rata-rata yang terpakai setiap kali penyiraman pada sistem irigasi tetes ini yaitu mencapai 0,328 liter/detik. Dengan volume air yang terpakai rata-rata 885,1 liter atau setara dengan 0,8851 m³ Sehingga besarnya efisiensi penggunaan air/ WUE (water use efficiency) untuk tanaman sorgum mencapai 17,11kg/mm. Efisiensi ini terjadi untuk seluas 8 x 50,4 m2 atau setara dengan 4,03, sehingga jika dikonversi ke lahan seluas 1 hektare maka efisiensi penggunaan air dapat mencapai 4245,65 kg/mm.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Sistem Irigasi tetes, Lahan Kering, Sorgum.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Feb 2019 08:25
Last Modified: 25 Feb 2019 08:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12278

Actions (login required)

View Item View Item