KAPASITAS KUDA-KUDA BAMBU BENTANG 6 METER DENGAN SAMBUNGAN BERPENGISI BAMBU GALAH DAN PELAT TUNGGAL The Capacity Of Bamboo Truss With Span Of 6 Meters By Using Galah Bamboo In-filled at Connection And Single Plate Inside

JAYADI, RENDY SATRIAWAN (2018) KAPASITAS KUDA-KUDA BAMBU BENTANG 6 METER DENGAN SAMBUNGAN BERPENGISI BAMBU GALAH DAN PELAT TUNGGAL The Capacity Of Bamboo Truss With Span Of 6 Meters By Using Galah Bamboo In-filled at Connection And Single Plate Inside. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian mengenai kuda-kuda bambu telah banyak dilakukan, salah satunya oleh Morisco. Penelitiannya mendapatkan hasil cukup memuaskan dalam kemampuan melayani beban sebesar 4 ton. Namun pada kuda-kuda ini memiliki beberapa kekurangan seperti penggunaan double plat dan campuran beton sebagai pengisi pada setiap sambungan akan berdampak pada penambahan berat sendiri kuda-kuda. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini untuk mengetahui kapasitas dan pola kegagalan yang terjadi pada kuda-kuda bambu bentang 6 m dengan sambungan berpengisi bambu galah dan pelat tunggal. Penelitian ini didahului dengan melakukan uji pendahuluan berupa sifat fisik dan mekanik bambu. Selanjutnya pengujian utama penelitian ini adalah uji kuat tekan struktur kuda-kuda bambu dengan pemberian beban secara statis di bagian puncak kuda-kuda dengan alat Hidraulik Jack. Tranducer Indicator dan Dial Gauge sebagai pembaca besar pembebanan serta lendutan yang terjadi, penyaluran pembebanan digunakan interval 50 Lbs, pemberian beban dilakukan sampai benda uji tidak stabil atau struktur tidak mampu melakukan peningkatan pembacaan pembebanan lagi. Hasil pengujian kapasitas kuda-kuda bambu ini memiliki kekuatan dalam menahan beban sebesar 982,456 kg dengan lendutan sebesar 15,9 mm. Sedangkan besar lendutan yang didapatkan dengan menggunakan pembebanan dari hasil eksperimen melalui program SAP 2000 V.14 adalah sebesar 17 mm. Sedangkan untuk pola kegagalan yang terjadi berupa tekuk pada batang tekan dan pelat, serta terjadinya pecah sekaligus bergesernya batang pada sambungan takikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bambu galah, sambungan berpengisi,kuda-kuda bambu, pola kegagalan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Feb 2019 08:00
Last Modified: 25 Feb 2019 08:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12280

Actions (login required)

View Item View Item