PEMANFAATAN KACA SODA GAMPING SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI PARSIAL SEMEN TERHADAP SIFAT MEKANIK BETON The Effect of Unitilization of Soda Lime Glass as a Partial Substitute of Cement to the Concrete Mechanical Properties

EFENDY, M. OSKAR RIZKY (2018) PEMANFAATAN KACA SODA GAMPING SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI PARSIAL SEMEN TERHADAP SIFAT MEKANIK BETON The Effect of Unitilization of Soda Lime Glass as a Partial Substitute of Cement to the Concrete Mechanical Properties. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan limbah kaca berupa serbuk dapat digunakan sebagai substitusi parsial semen pada beton. Serbuk kaca berfungsi sebagai bahan pengganti semen karena memiliki potensi sebagai bahan pengganti semen serta memiliki unsur- unsur kimia yang sebagian diantaranya sama seperti semen dan dapat digunakan sebagai material pozzolan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh substitusi serbuk kaca dan proporsi optimum yang sesuai untuk bahan pengganti sebagian semen pada beton. Penelitian diawali dengan pengujian pendahuluan agregat dan serbuk kaca setelah itu membuat mix design. Selanjutnya membuat benda uji dengan proporsi substitusi 0%, 5% , 7,5%, 10%, 12,5% dan 15%. Pengujian sifat mekanik beton meliputi kuat tekan, kuat tarik belah, kuat lentur beton dan diuji pada umur beton 28 hari. Hasil pengujian menunjukkan pengaruh substitusi serbuk kaca sebagai bahan pengganti sebagian semen dapat meningkatkan sifat mekanik beton. Didapatkan hasil pada pengujian sifat mekanik beton yaitu nilai kuat tekan tertinggi pada proporsi 10% dengan selisih sebesar 20,48% dari beton normal. Pada kuat tarik belah tertinggi didapatkan pada proporsi 10% dengan peningkatan 38,18% terhadap beton normal. Sedangkan pada pengujian kuat lentur didapatkan nilai tertinggi pada proporsi 7,5% dengan selisih 52,56% terhadap beton normal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Serbuk Kaca, Sifat Mekanik Beton
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:59
Last Modified: 25 Feb 2019 07:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12284

Actions (login required)

View Item View Item