PERILAKU STRUKTUR KUDA-KUDA BAMBU GALAH MENGGUNAKAN SAMBUNGAN BERPENGISI BAMBU DENGAN PELAT TUNGGAL Structural Behaviour of Galah Bamboo Truss With Bamboo In-filled at Connection By Using Single Plate

HIDAYAT, SYARIF (2018) PERILAKU STRUKTUR KUDA-KUDA BAMBU GALAH MENGGUNAKAN SAMBUNGAN BERPENGISI BAMBU DENGAN PELAT TUNGGAL Structural Behaviour of Galah Bamboo Truss With Bamboo In-filled at Connection By Using Single Plate. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
tugas akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada struktur kuda-kuda bambu dalam penelitian ini, terdapat dua sambungan yaitu sambungan bambu berpengisi dengan pelat tunggal dan sambungan takikan. Bambu adalah bahan berongga, untuk meningkatkan kekuatan bambu terutama pada bagian sambungan maka bambu tersebut perlu diisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku kuda-kuda bambu Galah menggunakan sambungan berpengisi dengan pelat tunggal.. Pada penelitian ini dibuat kuda-kuda tipe howe dengan bentang 6 m dan keiringan kuda-kuda sebesar 350 . Penelitian diawali dengan dilakukan uji pendahuluan untuk mengetahui sifat-sifat karakteristik bahan. Uji pendahuluan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi pengujian sifat fisik maupun sifat mekanik bambu galah, penguiian kuat tarik baut, serta pengujian kuat rekat antar bambu galah dengan menggunakan perekat epoksi. Setelah mengetahui sifat-sifat karakteristik bahan, dilanjutkan dengan membuat benda uji kuda-kuda. Benda uji kemudian diuji dengan cara memberikan beban statis jangka pendek dengan menggunakan hidraulic jack hingga benda uji sambungan mengalami kegagalan. Hasil pengujian, beban maksimum yang dapat dipikul oleh kuda-kuda bambu galah menggunakan sambungan berpengisi dengan pelat tunggal yaitu berkisar sebesar 800 kg dengan lendutan yang terjadi berkisar sebesar 16 mm. Sedangkan hasil analisis SAP 2000 V.14 digunakan beban yang sama diperoleh lendutan sebesar 10 mm. Pola Kegagalan yang terjadi adalah pecahnya bambu pada beberapa bagian batang, lendutan yang terjadi melebihi lendutan ijin, dan terjadinya tekuk pada batang tekan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): bambu, bambu berpengisi, kuat tekan, dan, pola kegagalan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 25 Feb 2019 07:59
Last Modified: 25 Feb 2019 07:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/12285

Actions (login required)

View Item View Item